Dapatkan panduan cara buat blog secara profesional

Pengertian Server Serta Cara Kerjanya Lengkap

Pengertian Server, Cara Kerja Server

Pengertian Server - Hai sahabat Cara Buat Blog, ketemu lagi. Kali ini kita akan membahas perngertian web server yang biasa disebut server serta cara kerjanya secara lengkap, silahkan disimak guys.

Pengertian Server


Pada sebuah jaringan pasti ada yang namanya server, apa itu server? Server adalah komputer pusat atau sentral yang menghandel atau menangani database (kumpulan data) yang memberikan layanan kepada komputer klient. Jadi server akan membagikan koneksi kepada klient supaya klient dapat terhubung ke komputer lain atau internet. Contihnya: seperti di kantor-kantor yang menggunakan jaringan komputer LAN, jadi kita bisa berbagi printer. Misalnya ada 10 komputer klient dan 1 komputer server, setiap klient tidak perlu memakai satu printer untuk masing-masing komputernya namun bisa berbagi dengan printer yang ada di komputer server.

Untuk dapat terhubung pada komputer server bisa menggunakan kabel atau tanpa kabel, jika tanpa kabel kita bisa menggunakan koneksi wifi.

Baca juga: Panduan Cara Buat Blog Bagi Pemula

Cara Kerja Server

Cara kerja server adalah sebagai media penyimpanan data dari komputer klient ke server atau komputer pusat. Selain itu server juga dapat memberikan pencetakan dokumen. Server sebagai pusat data yang memberikan layanan berupa koneksi maupun layanan lain pada komputer klient.

Server juga terdapat pada website seperti yang sebelumnya saya bahas pada Pengertian Hosting Serta Jenisnya Secara Lengkap, nah disana CaraBuatBlog8.blogspot.co.id sudah membahas tentang pengertian web server pada website. Intinya web server adalah sebagai tempat untuk menyimpan data dan membuat website bisa online sehingga bisa diakses oleh banyak orang.

Macam-macam server

Maacam-macam server bisa kita golongkan menjadi beberapa golongan yang dilihat dari fungsinya, yaitu:

  1. Application server atau server aplikasi. Application server atau server aplikasi adalah server yang dipakai untuk menyimpan aneka macam aplikasi yang bisa diakses oleh client.
  2. Data server atau server data. Data server atau server data dipakai untuk menyimpan data baik yang dipakai oleh client secara langsung ataupun data yang diproses oleh server aplikasi.
  3. Proxy server atau server proxy. Proxy server atau server proxy berguna untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Pada umumnya orang mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet. 

Pengertian Client Server

Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, yang mana client merupakan perangkat yang menerima dan akan menjalankan dan menampilkan software komputer atau aplikasi dan server adalah perangkat yang mengadakan dan bertindak sebagai data, pengelola aplikasi dan keamanannya.


Nah itu dia pengertian server dan cara kerjanya, semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Server Serta Cara Kerjanya Lengkap