Dapatkan panduan cara buat blog secara profesional

Pengertian Basis Data Secara Lengkap

pengertian basis data

Pengertian Basis Data - Basis Data atau database merupakan kumpulan informasi yang ada atau disimpan pada komputer yang tersistem agar bisa dicari menggunakan aplikasi atau program komputer agar mendapatkan informasi dari database atau basis data tersebut. Aplikasi atau perangkat lunak yang dipakai untuk mengelola dan memanggil kueri atau query basis data dikenal dengan nama sistem manajamen basis data atau database managament system DBMS. Ilmu informasi merupakan tempat atau bagian dimana sistem basis data dipelajari.

Ilmu komputer merupakan awal dari istilah basis data. Namun pada akhirnya semakin meluas, mencakup hal yang tidak terkait dengan elektronika. Sebelum jaman komputer atau sebelum revolusi industri sudah ada yang namanya basis data namun tidak tersistem alias masih manual seperti dalam bentuk kuitansi, buku besar dan kumpulan data lainnya yang berhubungan dengan bisnis.

Penggalan atau catatan dari pengetahuan merupakan konsep dasar dari basis data. Penjelasan terstrukktur dari basis data adalah jenis fakta yang tersimpan didalamnya yang disebut dengan skema. Objek yang diwakili suatu basis data dan hubungan diantara objek tersebut, itulah yang disebut dengan skema. Memodelkan struktur basis data atau mengorganisasi skema memiliki banyak cara, yang dikenal sebagai model data atau model basis. Model relasional merupakan adalah model umum yang biasa dipakai, yang menurut orang pada umumnya mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang berkaitan, yang mana terdapat baris dan kolom. Kaitan antar tabel diwakili dengan memakai nilai yang sama antar tabel. Model hierakis dan jaringan yang memakai cara yang lebih eksplisit utnuk mewakili hubungan antar tabel, merupakan model yang lain selain model relasional.

Koleksi dari data-data yang berkaitan adalah acuan dari basis data, dan aplikasi atau perangkat lunaknya harus mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS).

Baca juga: Cara Buat Blog di Blogspot

Database atau basis data merupakan kumpulan data-data yang menjadi sebuah file atau berkas yang saling berkaitan dengan tata cara tertentu untuk membentuk informasi atau data baru, secara konsep itulah basis data. Hardware merupakan tempat penyimpanan basis data dan menggunakan aplikasi atau software dimanipulasi untuk keperluan tertentu. Keterkaitan atau hubungan data umumnya ditunjukan dengan kunci dari tiap file yang ada. Mempresentasikan deskripsi dari suatu objek itulah data. Fakta yang tercatat (Data) lalu dilakukan pengolahan atau proses menjadi informasi yang berguna bagi penggunanya. Bentuk informasi yang terintergrasi dan kompleks serta pengolahan basis data menggunakan komputer nantinya akan dipakai pada proses pengambilan keputusan untuk manajemen yang membentuk Sistem Informasi Manajemen (SIM), basis data adalah item terkecil dan penting untuk membangun basis data yang valid dan baik. Shared dan integrated adalah sifat dari basis data  atau database.

- Berkas-berkas data yang ada pada basis data saling berhubungan itulah integrated (terpadu).
- Sejumlah pemakai atau pengguna dapat menggunakan data yang sama dalam waktu bersamaan itulah yang disebut dengan shared atau berbagi data dan sering disebut juga sistem multiuser.

Bagi semua organisasi, data merupakan sumber yang sangat penting dan berguna. Dengan adanya data yang banyak maka masalah pengaturan data secara efektif menjadi hal penting pada pengembangan sistem informasi manajemen. Maka dari itu pengaturan memiliki tujuan sebagai berikut:


  • Mengadakan penyimpanan yang dapat dipakai untuk organisasi baik untuk masa kini dan masa depan.
  • Sebagai cara input atau pemasukan yang membuat kemudahan bagi pengguna atau operator dan menmbuat hemat waktu atau lebih cepat untuk mendaptkan data yang diperlukan. 
  • Agar data selalu up to date dan mencerminkan perubahan spesifik yg terjadi pada setiap sistem maka perlu pengendalian data untuk setiap siklus.
  • Sebagai pengamanan data dari kemungkinan modifikasi, pencurian, penambahan, serta gangguan-gangguaan lain.


Struktur basis data memiliki tingkatan sebagai berikut:


  • Karakter, adalah bagian data terkecil yang terdiri dari angka, huruf, dan karakter khusus lalu membentuk sebuah field atau item data. Contoh: B,C,Y,Z,3,2,5,8,9,+,#,< dan lain lain.
  • Item atau field, adalah representasi dari sebuah record (rekaman/tupel) yang sejenis dan atribut yang menunjukkan sebuah item dari data. Contoh field nama (berisi data nama-nama murid), field departemen (berisi spesifikasi pekerjaan atau data bagian), dan lain lain.
  • Rekaman atau record atau tupel adalah kumpulan dari field yang membentuk suatu rekaman atau record. Rekaman atau record memberi informasi suatu unit data individu yang spesifik. Contoh: file pegawai, dimana tiap-tiap recordnya berisi kumpulan data nama, alamat, departemen, yang dapat mewakili tiap-tiap data.
  • File, adalah kumpulan dari rekaman-rekaman yang memberikan informasi satu kesatuan data yang sejenis. Contoh file pegawai berisi data tentang semua yang berhubungan dengan pegawai seperti nama pegawai, alamat pegawai, departemen, yang dapat mewakili tiap-tiap data.
  • Database, adalah kumpulan dari tabel atau file yang membentuk suatu database. Contoh database pegawai PT Berdiri Maju terdiri atas file gaji, file pegawai, file golongan, dan lain lain.


Pada suatu file terdapat rekaman-rekaman yang sejenis, sama bentuk, sama besar adalah kumpulan entitas yang sama atau seragam. Satu rekaman terdiri dari field yang berkaitan memperlihatkan kalau field tersebut dalam satu pengertian lengkap dan direkam dalam satu record. Isi field atau setiap nilai mempunyai lebar yang sama atau kapasitas ruang yang sama. Jenis isi data field harus sama dengan tipe datanya. Nama suatu file menggambarkan isi data file itu. Agar memperlengkap definisi dari file, pada database terdapat istilah atribut dan entitas (entity). Entitas adalah tempat, orang, konsep atau kejadian yang informasinya direkam, setiap entitas mempunyai sebutan atau atribut untuk mewakili satu entitas. Contohnya pada sistem perkuliahan: mata kuliah, mahasiswa, dosen, pembayaran merupakan entitas. Sebaliknya entitas mahasiswa memiliki atribut nama jurusan, nomor induk dan lain sebagainya. atau contoh lain:  entitasnya adalah pegawai, yang mempunyai atribut nama, tanggal lahir, alamat, NIP, jenis kelamin. Perpaduan dari sistem manajemen basis data (SMBD) dan basis data adalah Sistem Basis Data. Sistem Manajemn Basis Data (Database Management System-DBMS) adalah bentuk dari prosedur dan manipulasinya yang disertai dengan tehnik dokumentasinya dan database yang kompleks. Database dan aplikasi atau program untuk mengaksesnya adalah pengertian secara singkat dari DBMS.


Nah itu dia Pengertian Basis Data Secara Lengkap, semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Basis Data Secara Lengkap