Dapatkan panduan cara buat blog secara profesional

Pengertian Blog, Kegunaan Serta Manfaatnya

Pengertian Blog
Pengertian Blog - Hai sahabat Cara Buat Blog, kali ini kita akan membahas pengertian blog, kegunaan serta manfaatnya. Blog dapat menjadi sumber penghasilan jika kita serius menekuninya. Banyak blogger Indonesia yang menghasilkan jutaan hingga puluhan juta setiap bulannya dari program Google Adsense. Google Adsense yaitu kita memasang iklan di blog kita dan kita akan mendapatkan uang jika ada yang klik iklan yang kita pasang. Oke langsung aja kita simak apa itu blog.

Pengertian Blog


Web log adalah kepanjangan dari Blog, adalah satu bentuk aplikasi web yang terdiri dari bermacam-macam tulisan atau artikel blog pada template blog atau halaman web umum. Daftar isi dari blog pada umumnya dimuat pada urutan yang terbalik, maksudnya adalah postingan atau artikel baru terletak palin dulu atau atas, baru diikuti dengan artikel yang lebih lama atau sebelumnya. Web log atau blog dapat diakses oleh pengguna internet sesuai topik yang dibutuhkan dan niat dari pemakai blog, umumnya dengan mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo atau mesin pencari lainnya.

Baca juga: Panduan Cara Buat Blog Bagi Pemula

Namun untuk dapat muncul dihalaman pertama Google butuh yang namanya SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari. Pada kesempatan lain akan saya bahas lebih detil tentang ilmu SEO dan cara-cara nya. Intinya adalah setelah kita membuat blog maka kita harus mempromosikan blog tersebut agar ramai pengunjung salah satunya dengan SEO.

Sejarah munculnya Blog

Web log atau blog pertama kali diperkenalkan oleh Blogger.com kepunyaan dari Pyra Labs pada awalnya, dan akhirnya pada tahun 2002 dibeli oleh Google. Setelah itu beraneka macam aplikasi open source atau yang bersifat sumber terbuka, guna pekembangan blogger atau para penulis blog.

Manfaat Blog dan Kegunaannya

Manfaat dan fungsi blog bermacam-macam, seperti untuk curahan hati atau buku harian, untuk promosi, untuk politik, branding dan lain sebagainya. Pada umumnya blog dimiliki oleh blogger atau satu orang saja, namun ada juga dimiliki oleh beberapa oarng atau konsorsium. Blog memiliki fasilitas untuk berinteraksi dengan pembacanya yaitu berupa kolom komentar atau bisa juga ditambahkan widget buku tamu. Namun kolom komentar itu bisa juga di non aktifkan jika kita tidak mau pengunjung atau pembaca meninggalkan komentar, jadi sifatnya tidak interaktif.

Komunitas Blogger

Pada akhirnya terbentuklah komunitas blogger, apa itu komunitas blogger? Komunitas blogger merupakan perkumpulan dari para blogger yang memiliki kesamaan seperti kesamaan daerah, kampus, hobi dan kesamaan lainnya. Biasanya komunitas blogger ini sering mengadakan kegiatan bersama atau yang biasa dikenal dengan sebutan kopi darat.

Pada umumnya jika ingin begabung pada suatu komunitas blogger ada ketentuan atau syarat yang harus dipennuhi dan setiap komunitas tidak sama syaratnya, seperti misalnnya mempunyai kesamaan minat, atau yang lainnya.

Budaya populer

Kegiatan blogging atau dikenal dengan istilah ngeblog sebaiknya dilakukan setiap hari untuk posting artikel agar blog kita disukai oleh Google. Dari aktifitas ini  juga dapat diketahui eksistensi kita sebagai pemilik blog. Saat ini ada sekitar 10 juta blog yang ada di dunia dan jumlahnya akan terus bertambah. Untuk membuat blog kita menjadi populer kita harus rajin mempromosikannya, salah satunya dengan cara meninggalkan komentar di blog orang lain atau dikenal dengan istilah blogwalking.

Manfaat Ekonomis

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa banyak para blogger membuat blognya untuk dijadikan sumber penghasilan, seperti salah satunya mengikuti program Google Adsense atau jasa review produk atau bisnis dan lain sebagainya. Banyak yang akhirnya menjadikan kegiatan blogging ini menjadi profesional atau profesional blogger.

Nah itu dia Pengertian blog serta manfaatnya, semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Blog, Kegunaan Serta Manfaatnya