Dapatkan panduan cara buat blog secara profesional

Pengertian Web, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Web, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian web atau Pengertian website - Web adalah singkatan dari website, yang bisa diartikan satu kumpulan halaman yang menghadirkan aneka informasi tulisan atau teks, data animasi, data berupa gambar diam atau bergerak, video, suara ataupun gabungan dari semuanya, baik yang bersifat dinamis ataupun statis, yang mana membentuk suatu rangkaian bagunan dan saling berhubungan yang masing-masing dikaitkan atau dihubungkan dengan hyperlink atau jaringan halaman.

Dengak kata lain, definisi website adalah kumpulan dari aneka macam halaman web atau situs, yang dirangkum pada sebuah domain atau subdomain, yang lebih tepatnya berada dalam www (World Wide Web) yang pastinya terdapat pada internet atau dengan kata lain dapat diakses melalui internet.

Baca juga: Cara Buat Blog

Halaman situs atau website umumnya berupa dokumen yang ditulis dengan format HTML atau Hyper Text Markup Language, yang dapat diakses menggunakan HTTP. HTTP merupakan suatu protokol yang menginformasikan aneka informasi dari web server situs atau website untuk menyajikan kepada pemakai atau user menggunakan aplikasi web browser.


Jenis-Jenis Website


  1. Website Dinamis merupakan website yang secara strukturnya digunakan untuk sering update. Umumnya selain bisa digunakan oleh pada user atau pengguan pasa umumnya serta telah disediakan halaman backend untuk mengedit konten dari situs atau website itu. Contoh dari website dinamis adalah website berita yang mana didalamnya terdapat fasilitas berita dan menu lainnya.
  2. Website Interaktif merupakan website yang bisa berinteraksi diantara sesama pengguna. Contoh website interaktif yaitu seperti bloh dan forum. Di forum atau blog pengguna dapat berinteraksi dan mengeluarkan pendapat yang menjadi pemikiran para pengguna.
  3. Website statis merupakan suatu situs atau website yang memiliki halaman tidak berubah, yang artinya adalah untuk mengedit atau merubah materi pada halaman cuma dapat dilakukan secara manual yaitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur website tersebut.

Fungsi atau Manfaat Wesbsite


  1. Website bisa menjadi media tanpa batas karena internet merupakan media informasi tanpa batas waktu dan tanpa batas wilayah. Mempunyai website kita dapat berpromosi selama 24 jam, karena website bisa diakses kapan saja, dimana saja dan 24 jam dapat diakses;
  2. Website dapat digunakan untuk promosi apapun, seperti produk. Dengan menggunakan website maka produk kita akan lebih dapat dikenal oleh pengguna internet.
  3. Website bisa digunakan untuk pengenalan suatu perusahaan atau biasa dikenal dengan company profile. Dengan menggunakan website maka perusahaan kita akan lebih dikenal.
  4. Website bisa digunakan sebagi mesin penghasil uang, contohnya mengikuti program Google Adsense, review produk dan lain-lainnya.


Nah itu dia pengertian web, semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Web, Fungsi dan Manfaatnya