Dapatkan panduan cara buat blog secara profesional

Pengertian DNS Serta Fungsi Dan Cara Kerjanya

pengertian dns

Pengertian DNS - Hai sahabat Cara Buat Blog, ketemu lagi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu DNS dan fungsi DNS atau pengertian domain name system dns. Membahas tentang komputer dan internet maka akan kita temui istilah atau singkatan baru yang akan kita temui, seperti salah satunya DNS ini. Yuk kita simak pengertian DNS serta fungsi dan cara kerjanya.

Pengertian DNS Serta Fungsi Dan Cara Kerjanya


DNS merupakan singkatan dari Domain Name System. Apa itu DNS? DNS server adalah sebuah sistem untuk menyimpan informasi dari nama host dan nama domain yang menghubungkannya dengan hosting. Informasi yang disimpan berupa basis data tersebar atau distributed database pada jaringan komputer.

DNS akan memberikan alamat IP pada setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat atau mail exchange server pada setiap domain yang menerima email atau surat elektronik.

DNS (Domain Name System) juga untuk mengidentifikasi setiap komputer pada jaringan internet sebagai titik dengan bantuan sistem protokol internet address yang mengconvert dari IP ke nama domain atau sebaliknya.

DNS atau Domain Name System adalah sistem penamaan hirakis dan akan mendistribusikan untuk komputer dan sumber daya yang terhubung ke internet atau jaringan pribadi.

Baca juga; Cara Buat Blog Di Blogspot Bagi Pemula

Nama Domain menggunakan layanan DNS untuk permintaan nama domain menjadi alamat IP guna mendapatkan layanan komputer dan perangkat yang ada di seluruh dunia.

DNS adalah layanan aplikasi yang mengubah nama domain ke IP atau sebaliknya seperti yang sudah saya bahas sebelumnya pada artike pengertian domain. Contoh: buka atau ketik di address bar 173.194.69.94 lalu klik enter, maka akan terbuka website Google, karena itu adalah alamat IP Google. Nah itu salah satu fungsi dari DNS. Jadi host komputer akan mengirimkan queries berupa domain name server dan komputer ke DNS lalu dari DNS dipetakan menjadi IP address.

Prinsip dasar DNS

Domain Name System (DNS) merupakan distributed database system yang dipakai untuk pencarian nama komputer (name resolution) pada jaringan yang memakai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

DNS pada umumnya dipakai pada aplikasi yang terhubung ke Internet contohnya e-mail atau web browser, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

Tidak hanya digunakan pada internet, DNS juga bisa dipakai pada jaringan komputer atau private network yang mana fungsinya hampir sama seperti telpon yang mana setiap komputer di jaringan internet memiliki nama komputer atau host name serta IP (Internet protocol) address.

Garis besarnya setiap pengguna yang akan menghubungkan satu komputer pada komputer yang lain maka akan memakai host name, kemudian komputer akan menuju DNS server untuk mencek host name yang diminta dan DNS akan membaca berapa IP address nya lalu IP inilah yang dipakai untuk menghubungkan komputer Anda dengan komputer lainnya.

Cara Kerja DNS


Cara kerja DNS: agar dapat berfungsi DNS membutuhkan aplikasi tambahan yaitu resolver. Apa itu resolver? Resolver merupakan aplikasi tambahan agar komputer dapat terkoneksi dengan DNS server.

Program Resolver  yang dipakai yaitu mail client atau web browser (baca juga pengertian web browser). Jadi untuk dapat menggunakan DNS server pengguna harus memasang aplikasi web browser pada komputer. Banyak web browser yang bisa digunakan, yang populer Google Chrome atau Mozilla Firefox, dll. Untuk penjelasan cara kerja DNS silahkan lihat gambar dibawah:

Pengertian DNS dan Cara Kerja DNS




  • Komputer akan merequest alamat ip website ke server DNS lokal
  • Server DNS lokal akan mencari ke dalam database dan cache nya.
  • Apabila cache nya didapat maka server DNS akan langsung memberikan ip ke aplikasi browser. Apabila tidak didapat maka server dns lokal tadi akan menghubungi DNS lainnya
  • Jika sudah mendapatkan alamat IP, Server lokal tadi akan menyimpannya menjadi cache, jadi jika ingin menghubungi lagi server tidak perlu menghubungi DNS lainnya. Permintaan ke DNS lain akan terjadi apabila di server lokal tidak didapat data atau cache nya.
  • Alamat IP akan diberikan ke browser sehingga browser dapat membuka website yang di publikasikan di IP tujuan.


Nah itu dai Pengertian DNS serta fungsi dan cara kerjanya, semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian DNS Serta Fungsi Dan Cara Kerjanya