Dapatkan panduan cara buat blog secara profesional

Pengertian Hyperlink Serta Fungsi Dan Contohnya

Pengertian Hyperlink Serta Fungsi Dan Contohnya

Pengertian Hyperlink -  Hai sahabat Cara Buat Blog, gimana kabarnya hari ini? Semoga sehat semua ya guys. Kali ini kita akan mmbahas Pengertian Hyperlink. Apa itu Hyperlink? Hyperlink adalah suatu teks yang akan menghubungkan kita ke halaman lain atau website lain, contohnya seperti ini cara buat blog, coba Anda klik tulisan cara buat blog tersebut maka Anda akan dibawa ke halaman lain. Jadi seperti itu contoh hyperlink. Nanti akan kita kupas lebih lengkap pengertian Hyperlin secara detil dan cara membuatnya.

Pengertian Hyperlink Serta Fungsi Dan Contohnya


Apa itu Hyperlink? Hyperlink adalah suatu teks yang akan menghubungkan kita ke halaman lain atau website lain. Hyperlink tidak hanya terdapat pada blog atau website, namun terdapat pula pada microsoft word atau microsoft excel. Fungsi dari Hyperlink pada microsoft word atau microsoft excel juga sama yaitu menghubungkan file ke website atau halaman website atau blog. 

Jadi sudah paham ya fungsi dari Hyperlink. Nah, sekarang bagaimana membuat Hperlink pada blog atau website? Ada beberapa yang berbeda dala cara membuat Hyperlink atau link namun pada dasarnya kurang lebih hampir sama. 

Cara Membuat Hyperlink Di Blog atau Website

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah dengan higlight atau seperti mau copy jika sudah klik link, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah:


Pengertian Hyperlink, Cara Membuat Hyperlink


Jika sudah maka Anda akan dibawa ke halaman pop up seperti gambar di bawah:


Pengertian Hyperlink, Cara Membuat Hyperlink


Silahkan masukan alamat website atau alamat halaman website yang Anda tuju pada web address yang saya beri kotak merah, jika sudah klik OK.

Penjelasan:
1. Open this link in a new window: silahkan centang jika Anda ingin kalau di klik terbuka pada tab baru, namun jika tidak jangan di centang.

2. Add 'rel=nofollow attribute: Jika ingin memberikan link tersebut nofollow silahkan centang, jika ingin dofollow jangan dicentang.


Mungkin ada diantara Anda yang belum paham apa itu nofollow atau dofollow? Baiklah CaraBuatBlog8.blogspot.co.id akan menjelaskan secara singkat. Jika kita memberika link kepada blog atau website lain maka akan menambah nilai SEO dari blog atau website tersebut yang dikenal dengan sebutan backlink. Nah backlink yang bagus adalah backlink dofollow, jadi jika kita memberikan link yang dofollow maka Google akan memberi point kepada blog atau website tersebut, namun jika link yang diberikan nofollow maka tidak akan dihitung point oleh Google.

Jika membahas tentang blog maka biasanya akan melebar karena mungkin banyak yang masih awam, jadi saya akan coba jelaskan secara singkat aja. Di atas saya menyebut kata SEO mungkin ada diantara Anda yang belum paham apa itu SEO? SEO kepanjangannya Search Engine Optimization atau bahasa Indonesianya yaitu Optimasi Mesin Pencari. Ada banyak mesin pecari seperti Google dan Bing, namun yang paling besar di dunia adalah Google. Nah SEO itu adalah ilmu untuk membuat website atau blog supaya muncul dihalaman pertama Google dengan kata kunci yang kita bidik, nah ini sifatnya gratis atau organik. Contohnya silahkan lihat gambar dibawah:


Pengertian Hyperlink, SEO


Gambar diatas menunjukan salah satu blog saya www.TipsResepMasakan.net ada di nomor 1 di halaman pertama Google dengan kata kunci Resep Brownies Panggan Ny Liem. Jadi dengan menguasai SEO maka blog atau website kita akan ramai kunjungan atau traffic.

Cara kedua untuk bikin Hyperlink yaitu cara bikin Hyperlink di HTML, caranya sebagai berikut:

<a href="https://carabuatblog8.blogspot.co.id/">cara buat blog</a>

Anda tinggal rubah alamat blog nya dan anchor text yang Anda mau. Penjelasan apa itu anchor text, Anchor text adalah teks yang terbaca dan memiliki link yang dapat diklik. Namun untuk membuat hyperlink di HTML jika pada blogspot Anda harus pada halaman HTML Silahkan lihat gambar di bawah:


Pengertian Hyperlink, Cara Membuat Hyperlink



Saya rasa cukup sekian Pengertian Hyperlink Serta Fungsi Dan Contohnya, semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Hyperlink Serta Fungsi Dan Contohnya