Dapatkan panduan cara buat blog secara profesional

Pengertian URL Serta Fungsi Dan Contohnya

Pengertian URL Serta Fungsi Dan Contohnya

Pengertian URL –  Bagi Anda yang sudah terbiasa berinternet pasti sudah sering mendengar yang namanya URL, namun apakah Anda mengerti apa itu URL serta Fungsi URL? Nah bagi Anda yang belum paham mengenai apa itu URL serta fungsinya, kali ini kita akan membahas apa itu URL serta fungsi dari URL. Yuk kuta simak penjelasannya.

Pengertian URL

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, yaitu merupakan rangkaian karakter menurut format standar tertentu yang digunakan untuk memberi tahu alamat dari suatu sumber seperti file, dokumen dan gambar yang ada di internet.


Sejarah singkat URL (Unifrom Resource Locator)


URL pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh Tim Barnes – Lee, yang mempunyai tujuan agar dapat memudahkan para penulis dokumen atau artikel untuk merefrensikan tulisannya ke WWW (World Wide Web),


Baca juga: Panduan Cara Buat Blog Bagi Pemula

Fungsi URL:

  • Untuk memberikan nama dokumen yang terdapat pada web.
  • Untuk mengidentifikasi suatu dokumen yang terdapat pada Web.
  • Untuk memberikan alamat pada setiap Web yang berisikan dokumen.
  • Mempermudah dalam mengakses dokumen atau file melalui suatu web.
  • Untuk memberikan alamat pada setiap Web yang berisikan dokumen.
  • Mempermudah dalam mengingat alamat dokumen yang ada dalam suatu web.

Contoh URL:

Contoh URL seperti alamat blog saya http://carabuatblog8.blogspot.co.id/2016/12/dapatkan-panduan-cara-buat-blog-di.html. http merupakan protokol, carabuatblog8.blogspot.co.id alamat domain dan 2016/12/dapatkan-panduan-cara-buat-blog-di.html adalah path file. Nah ketiganya tersebut merupakan satu kesatuan yang disebut dengan URL.



Nah itu dia Pengertian URL serta fungsi dan contohnya, semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian URL Serta Fungsi Dan Contohnya