Dapatkan panduan cara buat blog secara profesional

Pengertian Domain Dan Fungsinya Serta Hosting

Pengertian Domain

Pengertian Domain - Hai sahabat Cara Buat Blog, kali ini kita akan membahas tentang domain, mungkin ada diantara Anda yang belum paham apa itu domain? Nah kali ini kita akan membahas Apa itu domain dan fungsi domain serta nama-nama domain, dan yang berhubungan dengan domain yaitu hosting. Yuk kita simak apa sih domain dan maksud domain itu.

Pengertian Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan pada sebuah website atau server di jaringan komputer sebagai pengganti alamat IP, seperti contohnya www.TipsResepMasakan.net. Kalau diibaratkan alamat rumah untuk website, jadi kalau dianalogikan seperti rumah, tanah dan nama jalan. Jadi domain itu ibaratnya alamat rumah, sedang website itu rumah nya, sedang hosting itu tanahnya. Ketiganya itu saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan, dan tanpa salah satu website tidak bisa beroperasi. Jadi maksud dari domain dan arti kata domain mempermudah bagi kita pengguna internet untuk menghafal alamat website.

Fungsi Domain

Fungsi Domain yaitu membuat menjadi mudah pemakai internet untuk membuka sebuah website dan menghafal alamat website yang akan kita akses, karena pada dasarnya domain itu pengganti alamat IP. Coba Anda buka atau ketik di address bar 173.194.69.94 lalu klik enter, maka akan terbuka website Google, karena itu adalah alamat IP Google. Nah kalau disuruh untuk menghafal alamat IP kan lebih susah, pasti lebih gampang menghafal google.com

Jadi nama domain sangat mempermudah pengguna internet dalam menghafal atau mengingat alamat website dibanding menghafal alamat IP yang berupa angka-angka.

Baca juga: Panduan Cara Buat Blog Bagi Pemula

Contoh Nama Domain

Banyak nama domain yang ada didunia namun yang paling populer dan paling tua adalah domain .com. Ada yang bertanya pengertian com, jadi com itu salah satu nama domain, silahkan liha contohnya dibawah. Sekarang jumlah nama domain mungkin lebih dari seratus. Silahkan lihat nama nama domain beserta fungsinya.Berikut Contoh nama domain:

Nama Domain Yang Populer
.com, .net, .org, .info, .in, .me

Nama Domain Indonesia
.co.id, .id, .web.id, .my.id, .ac.id, dll

Naman Domain Baru:
.name, .xyz, .space, .link, .rock, .pro, .club, .website, .ink, .photo, .online, .tech, .site, .press, dll

Pengertian Hosting Dan Fungsinya


Apa itu hosting? Hosting adalah tempat menaruh file – file pembangun website. Jadi kalau diibaratkan hosting itu seperti tanah, semakin besar tanah yang kita miliki maka akan semakin leluasa juga kita membangun, begitu juga dengan hosting, semakin besar hosting yang kita sewa maka akan semakin besar pula daya menyimpan file atau data website kita. Jadi jika kita sudah merancang sebuah website untuk meng-online-kan nya harus menggunakan hosting.

Nah jika Anda ingin menggunakan hosting gratis Anda bisa menggunakan blogspot, namun kita akan menggunakan platform blogspot. Seperti contohnya blog saya www.TipsResepMasakan.net yang menggunakan blogspot, hanya menggunakan custom domain saja. Jadi saya hanya perlu membayar domain saja setiap tahunnnya.

Nah itu dia pengertian domain, fungsinya dan hosting, semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Domain Dan Fungsinya Serta Hosting