Dapatkan panduan cara buat blog secara profesional

Pengertian Hosting Serta Jenisnya Secara Lengkap

Pengertian Hosting

Pengertian Hosting - Hai sahabat Cara Buat Blog, kali ini kita akan membahas tentang hosting serta jenis-jenisnya secara lengkap, jadi simak sampai selesai ya guys. Dengan adanya internet, maka kita tidak akan kesulitan untuk mencari informasi tentang segala sesuatu yang Anda inginkan. Tahukah Anda bahwa semua yang terlihat di internet membutuhkan hosting? Yuk kita simak apa itu Hosting.

Pengertian Hosting Serta Jenisnya Secara Lengkap

Hosting adalah layanan atau jasa berbasis internet yang merupakan tempat menyimpan data dari suatu pusat yang disebut server yang dapat diakses melalui internet, dengan kata lain hosting membuat website atau aplikasi menjadi online sehingga dapat diakses oleh orang lain.

Ada banyak penyedia layanan hosting di Indonesia, jadi satu perusahaan yang menyediakan layanan hosting akan membuat server-server yang terhubung dengan internet sebagai tempat penyimpanan data. Contohnya seperti gambar di bawah:

Server Hosting, Web Server
Via cmewebsites.com

 Jenis-Jenis Hosting:

1. VPS, Virtual Private Server, atau biasa disebut juga dengan Virtual Dedicated Server adalah proses virtualisasi dari tempat software sistem operasi yang dipakai oleh server. Sebab tempat atau lingkungan ini adalah lingkungan virtual, Hal ini membuat kita bisa menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain yang sudah ada.

2. Shared Hosting adalah server hosting yang digunakan secara bersama sama dengan pemakai lain, jadi lebih dari satu domain yang digunakan pada satu server dengan beberapa pengguna. Namun terdapat beberapa account untuk membedakan dalam satu server tersebut dan terdapat username dan password.

3. Colocation Server merupakan layanan penyewaan tempat untuk menaruh server yang dipakai bagi hosting. Vendor bekerjasama dengan pelanggan yang menyediakan server.

4. Dedicated Server merupakan penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Biasanya Vendor bekerjasama dengan perusahaan hosting yang menanggung pernyediaan server.

Sebagai seorang blogger Anda dapat membuat blog menngunakan blogger atau blogspot yang menyediakan layanan hosting gratis dengan platform blogspot atau bisa juga menggunakan wordpress dan masih banyak layanan gratis lainnya. Untuk domain Anda juga bisa gratis menggunakan domain blogspot seperti carabuatblog8.blogspot.co.id ini, namun jika Anda ingin custom domain bisa juga kok, seperti blog saya www.TipsResepMasakan.net yang saya custom domain menggunakan hosting blogger alias blogspot.

Memilih Web Hosting Yang Sesuai

Jika Anda ingin membuat website dan membutuhkan hosting maka Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

1. Space dan bandwidth yang dibutuhkan. Pengertian Space adalah untuk menyimpan data dari website Anda. Pengertian bandwith adalah untuk orang yang berkunjung atau membuka website Anda atau secara lengkap: suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu.. Jadi intinya adalah jika space nya besar maka Anda akan semakin bebas menulis atau memasukan data lainnya ke website Anda. Jika Bandwith nya besar maka website Anda akan bisa menampung pengunjung lebih banyak. Namun untuk awal Anda bisa menggunakan space dan bandwith yang kecil dulu, nanti kalau dirasa sudah tidak cukup silahkan Anda upgrade.

2. Lihat fitur dan layanan yang diberikan dari perusahaan hosting tersebut.

3. Target pembaca. Jika Anda membangun sebuah website yang menargetkan pembaca lokal maka lebih baik jika Anda menggunakan layanan hosting dari Indonesia, namun jika Anda menargetkan pembaca dari Amerika misalnya Anda bisa menggunakan layanan hosting dari Amerika, namun ini tidak mutlak harus ya.

4. Harga. Silahkan Anda konsulatsi dengan yang mengerti masalah ini. Agar Anda dapat harga yang murah dengan kualitas yang bagus.


Nah itu dia pengertian hosting guys, semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Hosting Serta Jenisnya Secara Lengkap